Jumat, 08 November 2013

Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian


Konsumen adalah bagian terpenting dalam target pasar suatu perusahaan. Konsumen yang konsumtif juga merupakan sasaran utama para peserta pasar dan perusahaan. Tetapi, kadang konsumen kurang berhati- hati dalam melakukan pembelian sehinggam menimbulkan kerugian sepihak. Maka dari itu, harus dilakukan evaluasi alternatif yang dilakukan oleh konsumen sebelum mengambil keputusan untuk membeli.
Adapun pertimbangan yang dilakukan konsumen sebagai berikut :
  1. Produk yang murah – Produk yang mahal, tingkat ekonomi suatu negara mempengaruhi konsumen untuk megkonsumsi barang- barang yang harganya relatif murah. Hanya beberapa persen penduduk yang berani mengkonsumsi suatu produk atau jasa dengan harga yang mahal. Selebihnya, berpikir 3 sampai 4 kali untuk membelinya.
  1. Pembelian yang sering – Pembelian yang jarang, barang atau jasa yang sering dibeli
  1. Merk yang biasa – Merk terkenal
ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
  1. Sudut pandang ekonomis, konsumen sebagai orang yang membuat keputusan secara rasional harus mengetahui semua kelemahan dan kekuatan produk atau jasa yang dibelinya serta mempertimbangkan kegunaannya untuk jangka pendek, menengah dan panjang.
  1. Sudut pandang kognitif, konsumen merupakan pengelolah informasi yang selalu mencari tahu apa saja tentang produk dan jasa yang dibutuhkan. Pengelola informasi selalu berujung pada pilihan unutk membeli atau menolak produk tersebut.
  1. Sudut pandang emosional, konsumen yang memiliki sifat cenderung mengkoleksi atau emmfavoritkan suatu barang atau jasa dan akan melakukan apa pun demi mendapatkannya termasuk dalam golongan ini, sehingga anggapan emotional man itu tidak rasional adalah tidak benar. Tetapi, bila sudah mendapatkan produk yang membuat perasaan mereka lebih baik, maka keputusan yag mereka ambil merupakan keputusan rasional.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
  1. Pengaruh eksternal
  • Keluarga
  • sumber informasi
  • kelas social
  • budaya
     2.  Pengambilan keputusan pada konsumen
  • sadar akan kebutuhan
  • mencari sebelum membeli/ survey
  • mengevaluasi produk
     3.  Area psikologis
  • motivasi
  • persepsi
  • pembelajaran
  • kepribadian
  • sikap
     4.  Perilaku setelah keputusan pembelian
  • percobaan
  • pembelian ulang
TIGA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN
  1. Konsumen individu, Pilihan merk dipengaruhi oleh kebutuhan konsumen, persepsi atas karakteristik merk dan sikap ke arah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merk dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup dan karakteristik personalia.
  2. Pengaruh lingkungan, Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh budaya (norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan), kelas sosial, teman, anggota eluarga dan faktor yang menentukan situasional.
  3. marketing strategy, Pemasaran yang baik adalah pemasaran yangmempunyai banyak data atau informasi dari konsumen untuk evaluasi dalam proses pengambilan keputsan, sehingga pangsa pasar dapat tepat sasaran.
KRITERIA EVALUASI
            Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternative-alternative pilihan. Kriteria alternative dapat muncul dalam berbagai bentuk misalnya dalam membeli mobil seorang konsumen mungkin mempertimbangkan kriteria keselamatan, kenyamanan, harga, merek, Negara asal(country of origin) dan juga aspekhedonik seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya.
Beberapa kriteria eveluasi yang umum adalah:
  1. Harga
    Harga menentukan pemilihan alternatif. Konsumen cenderung akan memiliha harga yang murahuntuk suatu produk yang ia tahu spesifikasinya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk maka harga merupakan indicator kualitas. Oleh karena itu strategi harga hendaknya disesuaikan dengan karakteristik produk.
  2. Nama Merek, Merek terbukti menjadi determinan penting dalam pembelian obat. Nampaknya merek merupakan penganti dari mutu dan spesifikasi produk. Ketika konsumen sulit menilai criteria kualitas produk, kepercayaan pada merek lama yang sudah memiliki reputasi baik dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian.
  3. Negara asal, Negara dimana suatu produk dihasilkan menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen. negara asal sering mencitrakan kualitas produk. Konsumen mungkin sudah tidak meraguakan lagi kualitas produk elektronik dari Jepan. Sementara, untuk jam tangan nampaknya jam tangan buatan Swiss meruapak produk yang handal tak teragukan.
  4. Saliensi ( Atribut yang mencolok), Konsep saliensi mencerminkan ide bahwa kriteria evaluasi kerap berbeda pengaruhnya untuk konsumen yang berbeda dan juga produk yang berbeda. Pada suatu produk mungkin seorang konsumen mempertimbangkan bahwa harga adalah hal yang penting, tetapi tidak untuk produk yang lain. Atribut yang mencolok (salient) yang benar-benar mempengaruhi proses evaluasi disebut sebagai atribut determinan.
EMPAT TIPE PROSES PEMBELIAN KONSUMEN
  1. Proses Complex Decision Making, terjadi bila keterlibatan kepentingan tinggi pada pengambilan keputusan yang terjadi. Contoh pengambilan untuk membeli sistem fotografi elektronik seperti Mavica atau keputusan untuk membeli mobil. Dalam kasus seperti ini, konsumen secara aktif mencari informasi untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan pilihan beberapa merek dengan menetapkan kriteria tertentu seperti kemudahan dibawa dan resolusi untuk sistem kamera elektronik, dan untuk mobil adalah hemat, daya tahan tinggi, dan peralatan. Subjek pengambilan keputusan yang komplek adalah sangat penting. Konsep perilaku kunci seperti persepsi, sikap, dan pencarian informasi yang relevan untuk pengembangan stratergi pemasaran.
  1. Proses Brand Loyalty, Ketika pilihan berulang, konsumen belajar dari pengalaman masa lalu dan membeli merek yang memberikan kepuasan dengan sedikit atau tidak ada proses pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Contoh pembelian sepatu karet basket merek Nike atau sereal Kellogg,s Nutrific. Dalam setiap kasus disini pembelian adalah penting untuk konsumen, sepatu basket karena keterlibatan kepentingan dalam olah raga, makanan sereal untuk orang dewasa karena kebutuhan nutrisi. Loyalitas merek muncul dari kepuasan pembelian yang lalu. Sehingga, pencarian informasi dan evaluasi merek terbatas atau tidak penting keberadaannya dalam konsumen memutuskan membeli merek yang sama.Dua tipe yang lain dari proses pembelian konsumen dimana konsumen tidak terlibat atau keterlibatan kepentingan yang rendah dengan barangnya adalah tipe pengambilan keputusan terbatas dan proses inertia.
  1. Proses Limited Decision Making, Konsumen kadang-kadang mengambil keputusan walaupun mereka tidak memiliki keterlibatan kepentingan yang tinggi, mereka hanya memiliki sedikit pengalaman masa lalu dari produk tersebut. Konsumen membeli barang mencoba-coba untuk membandingkan terhadap makanan snack yang biasanya dikonsumsi. Pencarian informasi dan evaluasi terhadap pilihan merek lebih terbatas dibanding pada proses pengambilan keputusan yang komplek. Pengambilan keputusan terbatas juga terjadi ketika konsumen mencari variasi. Kepitusan itu tidak direncanakan, biasanya dilakukan seketika berada dalam toko. Keterlibatan kepentingan yang rendah, konsumen cenderung akan berganti merek apabila sudah bosan mencari variasi lain sebagai perilaku pencari variasi akan melakukan apabila resikonya minimal. Catatan proses pengambilan keputusan adalah lebih kepada kekhasan konsumen daripada kekhasan barang. Karena itu tingkat keterlibatan kepentingan dan pengambilan keputusan tergantung lebih kepada sikap konsumen terhadap produk daripada karakteristik produk itu sendiri. Seorang konsumen mungkin terlibat kepentingan memilih produk makanan sereal dewasa karena nilai nutrisinya, konsumen lain mungkin lebih menekankan kepada kecantikan dan menggeser merek dalam mencari variasi.
  1. Proses Inertia, Tingkat kepentingan dengan barang adalah rendah dan tidak ada pengambilan keputusan. Inertia berarti konsumen membeli merek yang sama bukan karena loyal kepada merek tersebut, tetapi karena tidak ada waktu yang cukup dan ada hambatan untuk mencari alternatif, proses pencarian informasi pasif terhadap evaluasi dan pemilihan merek. Robertson berpendapat bahwa dibawah kondisi keterlibatan kepentingan yang rendah “ kesetiaan merek hanya menggambarkan convenience yang melekat dalam perilaku yang berulang daripada perjanjian untuk membeli merek tersebut” contoh pembelian sayur dan kertas tisu.
TAHAP-TAHAP DALAM PROSES PEMBELIAN
  1. Menganalisa Keinginan dan Kebutuhan, Penganalisaan keinginan dan kebutuhan ini ditujukan terutama untuk mengetahui adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan
  2. Menilai Sumber-sumber, Tahap kedua dalam proses pembelian ini sangat berkaitan dengan lamanya waktu dan jumlah uang yang tersedia untuk membeli.
  3. Menetapkan Tujuan Pembelian, Tahap ketika konsumen memutuskan untuk tujuan apa pembelian dilakukan, yang bergantung pada jenis produk dan kebutuhannya
  4. Mengidentifikasikan Alternatif Pembelian, Tahap ketika konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif pembelian
  5. Keputusan Membeli, Tahap ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak. Jika dianggap bahwa keputusan yang diambil adalah membeli, maka pembeli akan menjumpai serangkaian keputusan menyangkut jenis produk, bentuk produk, merk, penjual, kuantitas, waktu pembelian dan cara pembayarannya
Perilaku Sesudah Pembelian, Tahap terakhir yaitu ketika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk tertentu


sumber :
www.google.com/evaluasi alternatif sebelum pembelian
 http://muhammadershad14210666.blogspot.com/

Minggu, 06 Oktober 2013

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen


Menurut Kotler dan Keller (2007 : 213) yang dialih bahasakan Benyamin Molan memberikan pengertian mengenai perilaku konsumen sebagai berikut: “Perilaku konsumen merupakan studi tentang cara individu, kelompok dan organisasi menyeleksi, membeli, menggunakan dan mendisposisikan barabgatau jasa, gagasan atau pengalaman yang memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka”.
Model perilaku konsumen ditandai adanya interaksi adanya pemasar dengan konsumen. Komponen pusat yaitu pembuatan konsumen yang terdiri dari proses merasakn dan mengevaluasi informasi merek produk, mempertimbangkan bagaimana alternatif merek dapat memenuhi kebutuhan konsumen, dan pada akhirnya memutuskan merek apa yanga kan dibeli.
Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan, yakni:

1.     Pengenalan masalah (problem recognition)
. Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.

2.  Pencarian informasi (information source) Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi. Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).

3.  Mengevalusi alternatif (alternative evaluation). Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

4.  Keputusan pembelian (purchase decision). Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.  Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

5.   Evaluasi pasca pembelian (post-purchase evaluation) merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian.

6.   Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.


7.     Dalam hal ini, terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan puas jika produk tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan akan merek produk tersebut pada masa depan. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada masa depan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Terdapat lima faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1.    Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

2.     Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang  terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.

3.    Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.

4.    Integritas (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.




sumber: http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2012/10/proses-pengambilan-keputusan.html

Jadi Entrepreneur Di Sekolah

Jadi entrepreneur muda? Pasti keren banget! Selain punya usaha sendiri, kita juga bisa menambah uang jajan dan belajar untuk nggak terlalu bergantung sama ortu. Nah, sebelum memulai berbisnis di sekolah, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

❶ Pede
“Modal” awal yang harus kita miliki saat memulai bisnis di sekolah adalah nggak merasa malu. Harus berani dan percaya diri buat menawarkan barang kita ke teman-teman di sekolah. Kita bisa mulai berbisnis ke teman-teman sekelas atau satu ekskul. Baru deh, mengembangkan ke siswa lainnya, guru, bahkan para orang tua.

❷ Tanggap Selera Pasar
Kita harus tahu apa saja yang sedang disukai atau dibutuhkan oleh target konsumen kita. Misalnya, teman-teman cewek di sekolah sedang suka barang serba handmade. Kita bisa mencoba menjual pernak-pernik buatan tangan yang unik.

❸ Konsisten
Salah satu faktor yang membuat seorang bisa sukses dengan bisnis yang dijalaninya adalah tetap konsisten. Serius, fokus dan nggak putus asa dalam menjalankan usaha. Juga nggak angin-anginan mengerjakannya. Misalnya, bulan lalu getol berjualan sementara selanjutnya malas-malasan. Jadi, diperlukan konsistensi.

Nah, yang suka dan punya bakat berjualan, ayo dicoba. Siapa tahu, didalam jiwamu terdapat jiwa Enterpreneur sejati. Selamat mencoba ya teman-teman :)


Sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/jadi.entrepreneur.di.sekolah/001/007/919

Tips Atur Jadwal Harian

 Aduh, nilai semester lalu aku menurun, bagamaimana dengan kamu? Kata orangtua, ini akibat terlalu banyak main dan lupa belajar. Jangan sampai terulang lagi, nih. jangan mengecewakan orangtua lagi ya guys! Harus mulai bisa atur jadwal antara hang out dan belajar. Kalau kita senasib, yuk mari intip Tips yang aku kutip dari majalah GADIS :)
  • Dahulukan yang penting. Besok ada ulangan harian, tapi teman-teman segeng mengajak jalan-jalan ke mal. Berani menolak ajakan itu. Mendapat nilai yang bagus ketika ujian lebih penting ketimbang kita bermain. Pilihlah untuk belajar di rumah.
  • Dua jam belajar. Cukup dua jam saja mengulang pelajaran hari ini. Belajar bisa dilakukan di malam hari atau langsung setelah pulang sekolah. Kalau bisa mengatur waktu belajar tersebut, kita bisa punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas lain.
  • Hitung waktu hangout. Coba mulai batasi waktu bermain bareng teman-teman. Jangan sampai kita lupa waktu hingga larut malam. Ketika merasa terlalu lama hang out, segera pulang dan beristirahat.
  • Ingat waktu istirahat. Selain hangout dan belajar, kita juga perlu istirahat. Terlalu banyak kegiatan bisa membuat tubuh kita mudah lelah. Akibatnya, sulit berkonsentrasi dan gampang terserang penyakit.
  • Jangan pilih hangout yang melelahkan. Di saat jadwal kita padat, jangan melakukan hangout yang mengeluarkan banyak energi. Hal ini bisa membuat kita lelah dan langsung tertidur ketika pulang ke rumah. Jadi, nggak sempat untuk mengulang pelajaran.


sumber:
http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/tip.atur.jadwal.harian/001/007/943

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

A.    SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

◊ FAKTOR PENETAPAN

Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen :
•    Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.

•    Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.

•    Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
•    Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
•    Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

◊ SYARAT
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
•    Dapat diukur
•    Dapat dicapai
•    Cukup besar atau cukup menguntungkan
•    Dapat dibedakan
•    Dapat dilaksanakan


◊ TINGKAT

Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
•    Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
•    Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
•    Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
•    Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu. 

◊ MANFAAT :

Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
•    Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
•    Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
•    Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya


B. ANALISIS DEMOGRAFI

Analisis Demografi
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah.

Analisis yang dilakukan meliputi :
•    Pertumbuhan populasi dunia
•    Bauran umur populasi
•    Etnis dan pasar lain
•    Kelompok pendidikan
•    Pola rumah tangga
•    Pergeseran geografis dalam populasi

Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.





sumber:


http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://arie-dwiputra.blogspot.com/2013/01/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi.html

Kamis, 13 Juni 2013

PEMBINAAN KEBANGSAAN INDONESIA


 Konsep dan definisi Kebangsaan Indonesia

Sebelum mengupas akar-akar masalah kebangsaan Indonesia, nampaknya lebih baik direnungkan konsep 'nation' atau 'bangsa' itu sendiri, dan ditawarkan sebuah definisi baru yang lebih berfaedah.
Ernest Renan (1882)
Dalam suatu persfektif, tulisan Ernest Renan (1882/1994) yang terbit pada tahun 1882 yang menguraikan apa itu bangsa masih menemukan konteksnya. Tulisan itu kini menjadi klasik dalam perkembangan tentang gagasan nasionalisme itu. Sebuah bangsa, begitu menurut Renan, adalah produk dari ikhtiar, pengorbanan, dan dedikasi yang lama. Pada intinya sebuah bangsa, lanjutnya, memiliki kejayaan masa lalu yang sama, kehendak bersama disaat ini, juga telah melakukan hal-hal besar bersama-sama, dan hasrat untuk melakukan hal-hal besar lagi bersama. Sebuah bangsa adalah solidaritas agung (grand solidarity) yang terbentuk dari pengorbanan yang telah dilakukan serta keinginan melakukannya lagi. Sebuah bangsa memang memiliki masa lalu, tetapi sebuah bangsa terutama memperbarui dirinya sendiri kini dengan tindakan nyata : Kesetujuan, hasrat untuk melanjutkan hidup secara bersama-sama.
Nasion, ditambahkan Renan juga adalah suatu kesatuan solidaritas, kesatuan yang terdiri atas manusia-manusia yang saling merasa bersetiakawan dengan satu sama lain. Menurutnya juga nasion merupakan suatu jiwa, suatu asas spiritual….ia adalah suatu kesatuan solidaritas yang besar, tercipta oleh perasaan pengorbanan yang telah dibuat di masa lampau dan yang oleh manusia-manusia yang bersangkutan beserta dibuat di masa depan. Nasion mempunyai masa lampau, tetapi ia melanjutkan dirinya pada masa kini melalui suatu kenyataan yang jelas : yaitu kesepakatan, keinginan yang dikemukakan dengan nyata untuk terus hidup bersama.
Oleh sebab itu suatu nasion tidak tergantung, pada kesamaan asas ras, suku bangsa, agama, bahasa, geografi, atau hal-hal lain yang sejenis. Kehadiran suatu nasion adalah suatu kesepakatan bersama yang seolah-olah terjadi setiap hari antara manusia-manusia yang bersama-sama mewujudkan nasion yang bersangkutan.
Soekarno
Pendiri bangsa kita Soekarno memberikan sebuah pernyataan mengenai ' Bangsa' dengan menegaskan bahwa "Bangsa itu adalah suatu perangai yang terjadi dari persatuan hal –ikhwal yang telah dijalani oleh rakyat itu". Nasionalisme itu jalan suatu itikad, suatu keinsafan rakyat, bahwa rakyat itu ada satu golongan, satu "bangsa"!. Rasa Nasionalistis itu menimbulkan suatu rasa percaya akan diri sendiri, rasa yang mana adalah perlu sekali untuk mempertahankan diri di dalam perjuangan menempuh keadaan-keadaan, yang mau mengalahkan kita.
Rasa percaya akan diri sendiri inilah yang member keteguhan hati pada kaum Boedi Oetomo dalam usahanya mencari Jawa – Besar, rasa percaya akan diri sendiri inilah yang menimbulkan ketetapan hati pada kaum revolusioner – nasionalis dalam perjuangannya mencari Hindia Besar atau Indonesia – Merdeka adanya.
Apakah rasa nasionalisme, yang oleh kepercayaan akan diri sendiri itu, begitu gampang menjadi kesombongan – bangsa. Dan begitu gampang mendapat tingkatnya yang kedua, ialah kesombongan – ras, walaupun faham ras itu ada suatu faham biologis, sedang nationaliteit itu suatu faham sosiologis (ilmu pergaulan hidup), - apakah nasionalisme itu dalam politik kolonial bisa rapat-diri dengan Marxisme yang internasional, interasial itu? Dengan ketetapan hati kita menjawab : bisa! Sebab, walaupun nasionalisme itu dalam hakekatnya mengecualikan segala pihak yang tak ikut mempunyai "keinginan hidup menjadi satu dengan rakyat itu, walupun nasionalisme itu sesungguhnya mengecilkan segala golongan yang tidak merasa "Suatu golongan, satu bangsa" dengan perangai yang terjadinya tidak "dari persatuan hal –ihwal yang dijalani oleh rakyat itu" – maka tak boleh kita lupa, bahwa manusia-manusia yang menjadikan pergerakan Islamisme dan pergerakan Marxisme di Indonesia – kita ini, dengan manusia-manusia yang menjalankan pergerakan nasionalisme itu semuanya mempunyai "keinginan hidup menjadi satu";  - bahwa mereka dengan kaum nasionalis itu merasa "satu golongan, satu bangsa "; - bahwa segala pihak dari pergerakan kita ini, baik nasionalis maupun Islamis, maupun pula Marxis, beratus-ratus tahun lamanya ada "persatuan hal-ihwal", berates-ratus tahun lamanya sama-sama bernasib tak merdeka!
Hatta
" Bangsa Indonesia" dan "Kebangsaan" adalah sebuah kesatuan program, yang bertolak dari kesadaran akan keharusan sejarah dan keyakinan akan kesamaan harkat kemanusiaan. "Bangsa" bukanlah sesuatu yang terjadi dengan sendirinya tetapi sebuah sikap batin, sebuah a state of mind, dan sebuah keyakinan, yang dibina dan dipupuk, bahwa " Kita yang merasa senasib" dan sebagainya adalah "Satu bangsa". Bangsa adalah sebuah dari pengakuan yang subyektif. Tetapi lebih dari pada itu Bangsa dan rasa kebangsaan adalah dorongan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, bukan untuk kembali ke masa lalu yang telah dimitologikan sebagai "Zaman gemilang". Karena itulah bagi Hatta bangsa hanya akan bisa tumbuh jika ia dibina di atas landasan "Kedaulatan rakyat". Tak ubahnya dengan konsep bangsa, kedaulatan rakyat adalah sebuah program yang bertolak dari sebuah keyakinan, bahwa manusia ini sederajat, karena itu sama-sama mempunyai hak untuk mengatur corak hidup bersama. Meskipun demikian bukan berarti kedaulatan rakyat yang dicita-citakan itu bertolak dari individualism, yang menjadikan orang seorang sebagai ukuran segala sesuatu, tetapi dari kesadaran kolektivisme. Maka ia pun menjadikan kehidupan sosial desa tradisional yang organik sebagai referensi awal.
Kolektivisme desa yang demokratis, menurutnya, mempunyai tiga pranata yang utama. Pertama, pranata musyawarah, masalah bersama dibicarakan bersama dan diputuskan bersama. Kedua, pranata protes-massa, jika saja keputusan penguasa tak bisa diterima, maka penduduk dibenarkan untuk melancarkan protes sebagai tanda ketidaksetujuan mereka. Ketiga, pranata gotong royong dan tolong menolong. Ketiga ciri ini saling mendukung dan saling mengisi. Musyawarah adalah awal dari pengambilan keputusan, tetapi pelaksanaannya selalu dimungkinkan untuk dikontrol.
Dalam suasana ini bisa saja antara penguasa yaitu mereka yang dipercayakan untuk mengurus kepentingan bersama, dan rakyat, yaitu mereka yang telah memberikan kepercayaan, berada dalam dua kubu yang bertentangan. Tetapi konsep tolong-menolong dan gotong royong menetralisir kemungkinan hubungan yang bercorak anti-tesis ini. Dalam suasana ini perimbangan dari berbagai kepentingan akan bisa terjaga. Kolektivitas menjaga kemungkinan berkembangnya individu, sebaliknya keterikatan individu kepada ikatan kolektifnya akan menjadikan kolektivitas bertambah kuat. No man is an island, orang asing mengatakan, semua orang adalah bagian dari masyarakatnya, sebaliknya masyarakat hanyalah mungkin ada jika ia tumbuh sebagai pengikat individu.
Demokrasi – desa seperti ini bisa saja merupakan sebuah ideal – type, sebuah bentukan analitis yang dibangun dengan menjadikan setiap unsure pada bentuknya yang paling sempurna, dan ia pun sadar bahwa demokrasi desa tak mungkin bisa disalin begitu saja ke dalam konteks sebuah negara kebangsaan yang modern. Dalam bentuk yang diajukannya, pembedaan antara "masyarakat", sebagai wilayah nilai, dan "negara", sebagai wilayah kekuasaan, belum terdapat. Juga belum pula ada pembedaan antara "bangsa", sebagai unsure yang mempunyai hak dan kewajiban dalam konteks kenegaraan. Namun begitu bagi Hatta kolektivisme bukanlah lebih dulu baru dilihat sebagai bentukan sosial politik, tetapi sebagai paradigm ideologis. Jadi, kalau begitu kolektivisme sama saja halnya dengan individualism, yang juga sebuah paradigm ideologis. Dalam konteks kedaulatan rakyat ini, maka kolektivisme adalah anti-tesis dari individualism. Dengan konsep kolektivisme ia membayangkan sebuah tatanan sosial dan politik yang berdasarkan kepentingan bersama dan persaudaraan. Dalam kolektivitas ini kesadaran akan tanggung jawab dipupuk dan pribadi yang mempunyai karakter dibina, sebaliknya "jiwa budak" dihapuskan.

Paham Kebangsaan, Pluralisme dan Kemerdekaan

     Bangsa atau nation Indonesia tidak didasarkan atas persamaan kelahiran, kesukuan, asal-usul, keturunan, kedaerahan, ras ataupun keagamaan, tetapi didasarkan atas persamaan perasaan kebangsaan Indonesia, serta kehendak untuk hidup bersatu di tanah air Indonesia sebagai suatu bangsa, untuk bersama-sama berjuang mencapai cita-cita kebangsaan. Kebangsaan Indonesia tidak berkonotasi etnis/politis. Pada kenyataannya kemerdekaan Indonesia tergapai karena adanya faktor persatuan bangsa yang begitu kuat.
Selain persatuan, pluralism (kemajemukan) merupakan substansi utama paham kebangsaan. kebangsaan Indonesia secara sadar mengakui adanya pluralisme. Kenyataan menunjukkan bahwa warga negara Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, golongan dan keturunan, yang memiliki cita-cita lahiriah, kepribadian dan kebudayaan yang berbeda-beda. Inilah kebhinnekaa, melainkan melestarikan dan mengembangkan kebhinnekaan sebagai dasarnya.
Kebangsaan telah mengantarkan bangsa Indonesia kepda kemerdekaan. Tetapi kemerdekaan baru merupakan jembatan emas untuk menuju cita-cita kebangsaan secara utuh, yakni terciptanya masyarakat adil dan makmur. Kemerdekaan menandai pergulatan baru bangsa Indonesia. Kemerdekaan telah mengubah struktur atau tatanan masyarakat Indonesia, dari struktur penajahan ke struktur kemerdekaan atau kebangsaan. Rakyat terjajah menjadi rakyat merdeka. Dalam rakyat yang merdeka itu tidak ada pembagian berdasarkan kelas-kelas. Tidak ada rakyat kelas satu dan kelas dua. Semua sama kedudukannya di muka hukum.
Zaman kemerdekaan menghadirkan tantangan aktualisasi paham kebangsaan. Kemerdekaan pada dasarnya memberikan kebebasan untuk berkembang dan memilih sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan, baik karena alas an situasional maupun prinsipiil. Alasan inilah yang memungkinkan terjadinya aneka ragam dan perbedaan wujud aktualisasi kebangsaan. Dengan pertimbangan itu, bangsa Indonesia didorong untuk melakukan pilihan-pilihan. Kenyataan zaman kemerdekaan mengajarkan bahwa pada akhirnya tidak semua pilihan itu menyajikan keberhasilan. Ini semua merupakan pengalaman yang tiada nilainya bagi bangsa Indonesia. Paham kebangsaan telah memberikan peluang bagi kebebasan bangsa Indonesia menentukan pilihan-pilihannya sendiri dalam menggapai cita-cita menciptakan kemakmuran dan keadilan.
Pilihan-pilihan memang acapkali tidak mudah dilakukan. Perbedaan kepentingan, orientasi maupun ideologi bisa menjadi faktor yang menyebabkan kesepakatan bersama menentukan pilihan tidak mudah dicapai. Dan inilah yang menandai berbagai tahapan perjalanan bangsa dan negara Indonesia, dari demokrasi liberal, ke demokrasi terpimpin, ke demokrasi Pancasila, dan sekarang ini zaman reformasi. Meskipun perpindahan dari satu zaman ke zaman lain dapat dipandang sebagai masa penggemblengan ataupun pengujian semangat kebangsaan untuk menemukan format nasional, nampaknya proses character and national building di Indonesia akan tetap berlangsung terus. Zaman berubah, masyarakat berkembang, tuntutan dan kebutuhan
Tantangan kita dewasa ini jelas adalah globalisasi. Globalisasi terjadi, karena pada akhir abad XX ini, teknologi komunikasi, mass-komunikasi, tele-komunikasi berkembang dahsyat, maju sangat pesat hingga diluar jangkauan imajinasi manusia sebelumnya. Waktu menjadi sangat singkat, dunia menjadi menciut sehingga tidak lagi bisa diusahakan splendid isolation di bidang apapun. Bahkan beberapa waktu yang lalu dinyatakan sudah bahwa era globalisasi merupan the end of nation-state. Manusia bebas berhubungan satu dengan yang lain. Batas-batas teritorial negara tidak lagi mampu menghalangi komunikasi global. Bahkan kekuasaan negara seperti kehilangan dayanya mengontrol, menguasai dan mengawasi warga negaranya. Dunia boleh dikatakan mengalami masa pancaroba. Perubahan besar-besaran dan fundamental melanda dunia, melingkupi bukan hanya bangunan negara tetapi juga orang-orang yang ada di dalamnya.
Ini membingungkan, dan bisa dengan mudah membuat orang terombang-ambing. Apa yang harus menjadi pegangan dalam menentukan pilihan  menjadi tidak jelas, bukan karena tidak ada acuannya, melainkan karena begitu banyak ditawarkan beragam acuan. Tiada lagi monopoli orientasi bisa ditawarkan oleh negara, komunita-komunitas sosial maupun politik. Semuanya Nampak menjadi relative. Jadi, berlangsung suasana goro-goro di seluruh dunia, termasuk tentu di Indonesia. Dalam suasana atau era seperti ini, yang memegang peranan penting adalah rakyat (people's power), baik demokrasi ataupun anarki.
Demokrasi menjadi pilihan karena akan menjadi bingkai dimana orang-orang bersepakat secara bersama-sama menentukan pilihan-pilihan bersama. Sebaliknya, anarki akan terjadi justru pada saat kekuatan rakyat gagal menemukan ataupun menyepakati bingkai untuk kebersamaannya, karena masing-masing mengandalkan dan yakin atas orientasinya sendiri-sendiri.
Pergeseran nilai-nilai sosial budaya ini juga terjadi pada tataran kehidupan individual. Manusia Indonesia, terutama generasi muda, akan lebih bersifat individualis, kalaupun tidak menganut paham individualisme. Mereka membawa sifat-sifat lain yang diturunkan dari proses pergeseran nilai dari kolektivitas ke individualitas tersebut. Keadaan ini mencakup aspek-aspek positif maupun aspek-aspek negatif dari individualitas itu.
Sebenarnya yang menjadi tuntutan perubahan atau pergeseran nilai-nilai sosial budaya itu adalah perlunya ditegakkan kejujuran (truthfulness) dan keadilan (justice). Tuntutan-tuntutan ini bukan barang baru. Termasuk dalam tuntutan ini adalah transparansi atau keterbukaan dalam proses menegakkan kejujuran dan keadilan itu. Selama tuntutan-tuntutan ini tidak terwujudkan, di bawah rezim apa pun pergolakan ataupun instabilitas akan terus terjadi. Semakin nilai-nilai dan proses-proses tersebut ditinggalkan semakin dahsyat pergolakannya.
Nilai-nilai lain yang dianggap mengganggu perkembangan bangsa adalah feodalisme, yang kemudian menjadi paternalism, lalu menjelma menjadi totalitarianism dan otoritarianisme. Semenjak proklamasi Bung Karno mensinyalir hambatan-hambatan itu untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang demokratis. Karena itu, dalam ajaran "anti" – nya Bung Karno mencanangkan bahwa: "Revolusi Indonesia adalah Revolusi yang anti : Imperialisme, Kapitalisme, Feodalisme dan Rasialisme."
Kita menyadari bahwa jalan masih panjang guna menegakkan Rule of Law dan melangsungkan proses demokratisasi. Banyak aturan-aturan dasar harus diperbaharui, dan aturan-aturan baru perlu dirumuskan bersama-sama. Sekarang kita benar-benar berada dalam masa transisi dari suatu era yang mungkin bisa dikatakan penuh manipulasi ke era yang jujur, terbuka atau transparan yang mengundang keterlibatan seluruh warga negara. Ini perlu ditekankan, ditegaskan untuk menyatakan bahwa did ala era transisi ini sepantasnya kita menghindarkan diri dari sikap-sikap deterministic, serta arogan karena memiliki kekuasaan. Kita perlu rendah hati untuk dapat menerima keterlibata orang lain. Kesadaran atas kenyataan ini pada dasarnya mengantarkan kita kepada gagasan perlunya constitutional reform (reformasi konstitusi) yang mendasar, tetapi sekaligus juga proses reformasi konstitusi yang transparan demi keterlibatan seluruh warga negara dan warga masyarakat Indonesia.

Pengertian wawasan nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara Terdapat dua kata dalam memahami pengertian wawasan nusantara, yaitu terdiri dari kata wawasan dan nusantara. Wawasan berasal dari kata mawas, yang berarti melihat, meninjau, meneliti, mengamati atau memandang. Wawasan dapat berarti pandangan. Sedangkan nusantara, terdiri dari kata nusa dan antara. Nusa, adalah kepulauan dan antara, adalah jarak, maksudnya jarak dari pulau ke pulau. Jadi nusantara dapat diartikan sebagai wilayah yang terdiri dari pulau-pulau. Karena itu Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau sering disebut sebagai negeri nusantara. Dari uraian di atas dapat dikemukakan bahwa wawasan nusantara dapat diartikan sebagai; cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya yang terdiri dari pulau-pulau. Sejalan dengan pengertian di atas, dalam suatu lokakarya Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional di Lemhanas pada Januari tahun 2000 mengemukakan bahwa; "Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupannya yang beragam.
  1. Apa paham kebangsaan, rasa kebangsaan, dan semangat kebangsaan ?
Faham kebangsaan adalah : Faham, aliran, pendirian, atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri dengan mewujudkan cita-cita nasional yang telah disepakati. Kecintaan itu dilandasi oleh kesadaran para anggota bangsa tersebut untuk secara bersama-sama ingin mencapai cita-cita, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, serta mewujudkan kemakmuran dan kekuatan sebagai satu bangsa. Dari sinilah lahirnya semangat kebangsaan. Dari kecintaan yang tumbuh menjadi semangat dan cita-cita akan idealisme untuk mempertahankan bangsa dan negara itulah lahirlah 'Patriotisme'. Karena itu nasionalisme akan punya arti bagi perjuangan suatu bangsa untuk mewujudkan keinginan, cita-cita atau ide bersama, yang secara populer disebut 'Cita-cita Nasional', bila nasionalisme itu didukung oleh semangat patriotisme yang kuat.
    Rasa kebangsaan adalah salah satu bentuk rasa cinta yang melahirkan jiwa kebersamaan pemiliknya. Untuk satu tujuan yang sama, mereka membentuk lagu, bendera, dan lambang. Untuk lagu ditimpali dengan genderang yang berpengaruh dan trompet yang mendayu-dayu sehingga lahirlah berbagai rasa. Untuk bendera dan lambang dibuat bentuk serta warna yang menjadi cermin budaya bangsa sehingga menimbulkan pembelaan yang besar dari pemiliknya.
Semangat kebangsaan atau nasionalisme, merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan. Dengan semangat kebangsaan yang tinggi, kekhawatiran akan terjadinya ancaman terhadap keutuhan dan kesatuan bangsa akan dapat dielakkan. Dari semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban, dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal semangat kebangsaan suatu bangsa. Semangat rela berkorban adalah kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang besar atau demi negara dan bangsa telah mengantarkan bangsa Indonesia untuk merdeka. Bagi bangsa yang ingin maju dalam mencapai tujuannya, selain memiliki semangat rela berkorban, juga harus didukung dengan jiwa patriotik yang tinggi. Jiwa patriotik akan melekat pada diri seseorang, manakala orang tersebut tahu untuk apa mereka berkorban.
  1. Jelaskan pengertian wawasan kebangsaan ?
Wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia yang mencakup pola pikir dan pola sikap bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mengenai diri dan ideologinya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, melindungi segenap warga negara RI, mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berperan aktif dalam pergaulan dunia.
 
  1. Jelaskanpengertian wawasan nusantara ?
Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
 
  1. Peran apa yang dapat dilakukan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dalam menanggulangi kondisi Negara yang diperlukan saat ini ?
Yaitu dengan belajar dengan sungguh - sungguh agar dapat menjadi penerus bangsa yang dapat membanggakan bangsanya. Dan juga rela berkorban untuk negaranya sesuai dengan kemampuan masing - masing.
 
  1. Pada akhir - akhir ini tindakan mahasiswa di lingkungan kampus -  kampus (demo, anarkis, perkelahian, judi, narkoba, dsb) tertuntu cukup memprihantinkan, yang dapat menggangu proses belajar mengajar. Tindakan apa yang perlu untuk mengatasi hal - hal yang tidak semestinya ?
Dengan mengembangkan sikap saling asah, asih, dan asuh, maka kebersamaan
sebagai bangsa akan terjalin indah. Karena itu nilai dan makna terdalam dari asah,asih, dan asuh tersebut, hendaknya dapat menjadi basis motivasi dalam kehidupan masyarakat kita yang pada gilirannya dapat mengembangkan wawasan kebangsaan Indonesia.

 
    Sumber :
http://zainaliqbal01.blogspot.com/2011/04/pembinaan-kebangsaan-indonesia.html