Minggu, 29 Desember 2013

3 Manfaat Makan Sayur dan Buah


Hayoo! Siapa yang masih sering malas makan sayur dan buah? Tahu nggak sih, ternyata banyak makan sayur dan buah bermanfaat buat tubuh kita, lho. Kandungan vitamin dan seratnya bisa membuat tubuh kita lebih segar dan fit setiap hari.

Percernaan lancar

Repot juga kalau tiap pagi, kita harus bolak balik ke kamar mandi karena sulit buang air besar alias sembelit. Ini akibatnya kalau kita malas makan sayur dan buah. Padahal sayur dan buah punya kandungan serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan. Pencernaan yang baik, membuat tubuh kita mudah menyerap zat gizi dan membuang sisa makanan. Daun selada, bayam, wortel dan pepaya adalah beberapa sayur dan buah punya kandungan serat tinggi.

Penyakit? No Way!

Sebuah penelitian dari The Andalusian School of Public Health asal Spanyol, mengatakan orang yang makan 569 gram buah dan sayur tujuh porsi dalam sehari bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan bisa memperpanjang usia, lho. Selain itu, bisa mencegah kanker dan penyakit lainnya. Misalnya sayuran hijau yaitu brokoli, sawi dan bayam, yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Fakta lain menyebutkan, kalau kita malas mengkonsumsi serat bisa memicu munculnya masalah pencernaan seperti kanker usus besar.

Cegah obesitas

Pola makan yang nggak teratur bisa membuat metabolisme dalam tubuh kita menjadi kacau. Kondisi ini akan membuat tubuh kita mudah terserang obesitas. Selain olahraga yang teratur, obesitas atau kegemukan bisa dilawan dengan makan sayur dan buah. Kandungan serat dalam buah dan sayur bisa membantu tubuh terasa kenyang lebih lama. Jadi, bisa sekalian diet deh!

Yuk guys! Ubah pola makan kita yang terkesan asal kenyang menjadi lebih sehat dengan makan sayur dan buah, seperti tips yang saya kutip dari majalah gadis. Bagi yang gak suka sayur bisa dicoba dengan berbagai resep dan dapat juga di mix dengan campuran lain yang tentunya berguna bagi tubuh kita hihi selamat mencoba. Salam sehat

Sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/3.manfaat.makan.sayur.dan.buah/001/007/1053

Tidak ada komentar:

Posting Komentar